Masuk

Ingat Saya

Menciptakan Masyarakat Anti Terorisme

Menciptakan Masyarakat Anti Terorisme

Kata terorisme pasti menjadi momok yang menakutkan bagi semua masyarakat dunia, apalagi dengan sering menyebarnya teror di setiap negara. Pola serangan mereka diatur sedemikian rupa layaknya militer, ada target yang harus dimusnahkan meskipun itu artinya mengorbankan orang-orang yang berada di lingkup para target tersebut. Mereka memiliki jaringan yang sangat luas, bahkan mereka sering berkomunikasi dengan teroris yang berada di negara lain.

Teroris era modern kebanyakan adalah berdasarkan fanatisme terhadap suatu aliran, utamanya agama islam. Mereka mencerna apa yang ada dalam kitabnya namun hanya separuh atau dengan pemahaman yang keliru. Ditambah dengan dominasi negara barat terhadap negara islam yang juga semena-mena mencampuri hingga membunuh rakyat jelata membuat kebencian mereka kian bertambah.

Pemberitaan di media yang memperlihatkan kekejaman negara barat terhadap negara muslim semakin membuat mereka naik pitam. Ketidak seimbangan emosi tersebut membuat doktrin teroris mudah masuk dan mempengaruhi mereka. Sehingga anggota jaringan terorisme malah kian bertambah meskipun banyak yang telah dilumpuhkan.

Para teroris kemudian dengan mudahnya mengkafirkan sebuah kaum, hingga rakyat kecil yang tidak tahu apa-apa pun jadi korban. Semua yang tidak sesuai dengan ideologi mereka dianggap salah, dan yang bertentangan harus dimusnahkan.

Sungguh miris melihat kekejaman yang dipertontonkan oleh para teroris yang katanya menjunjung kebenaran namun menghalalkan segala cara. Ini adalah kesalahan yang harus diluruskan sehingga tidak ada lagi orang yang tersesat di jalan terorisme. Harus ada pembelajaran mengenai hal ini yang dimulai dari lingkungan pendidikan sampai kepada lingkup masyarakat umum.

Sebenarnya BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris) juga sudah sering melakukan sosialisasi di sekolah, kampus, dll untuk membentengi para pemuda dari paham radikal. Namun tetap saja harus ada peran serta dari masyarakat untuk memberikan pemahaman tersebut kepada keluarga, kerabat, dan lingkungan. Kita harus bersatu melakukan pencegahan sejak dini.

Jadi diharapkan semua masyarakat ikut berperan aktif untuk mencegah terorisme sebelum menyebar dengan ilmu pengetahuan. Dengan memberikan pemahaman yang mendalam mengenai hal tersebut dimulai pada lingkungan tempat tinggal.

Ajarkanlah pemahaman agama sejak dini kepada anak, ikut mengontrol lingkungan masyarakat dan laporkan jika ada hal mencurigakan kepada pihak berwajib agar bisa di proses lebih lanjut.

ryananggara
Dengan
Saya adalah seorang full time internet marketing, bekerja dengan blog/web dan juga sebagai freelancer jasa SEO